Profil OKU Timur

Kabupaten OKU Timur terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan Ibukota Martapura, yang memiliki potensi yang beragam di berbagai bidang. Dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 37 tahun 2003, Lokasi antara 3, 40” LU sampai 4, 55” LU dengan ketinggian 42– 87 m DPL (Diatas Permukaan Laut), lebar/luas 3.597 km2 dan jumlah penduduk 524.204 jiwa. Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ulu ini, kini lebih memiliki keleluasaan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada untuk rakyatnya. Maka dalam mewujudkan Kabupaten OKU Timur yang sejahtera, damai, bersatu dan berdaya saing global. Masyarakat OKU Timur pun akan bekerja lebih keras untuk membangun wilayahnya dengan terus mendorong pemberdayaan potensi daerah.

OGAN Komering Ulu (OKU) Timur beruntung memiliki saluran irigasi teknis Komering. Dengan adanya saluran irigasi itu, OKU Timur tidak hanya telah menjadi daerah swasembada beras, tetapi juga menjadi penyumbang beras bagi daerah lain. Komoditi unggulan OKU Timur datang dari perkebunan, perikanan, dan industri. Di sektor perkebunan, kopi adalah komoditi unggulan. Total produksi kopi mencapai 696 ton pada tahun 2006. Kakao juga merupakan komoditi unggulan di OKU Timur. Total produksi kakao mencapai 10,25 ton pada tahun 2006. Kelapa sawit, nenas, tebu, teh, dan karet juga merupakan komoditi unggulan. Di sektor perikanan, perikanan tangkap yang meliputi Budidaya ikan air tawar, keramba air tawar dan air laut, tambak udang merupakan unggulan di OKU Timur. Di sektor industri, Industri Pengolahan Kopi, Industri Minyak Goreng, Industri Crumb Rubber, Industri Pengalengan Ikan, Industri Pengalengan Nenas, Industri Teh Hijau, Industri Ikan Beku, Industri CPO merupakan unggulan di OKU Timur.

Selamat kepada Kabupaten OKU Timur yang telah mendapatkan Piagam Adipura pada tanggal 19 Juni 2007, semoga OKU Timur tidak hanya bersih secara jasadiyah (fisik) akan tetapi bersih hati dan jiwa. Tingkatkan selalu pembangunan demi terciptanya masyarakat yang madani.


Diambil dari berbagai sumber

0 komentar: